Definisi
Informasi
Dalam sebuah organisasi
atau suatu perusahaan khususnya bagi seorang manager, informasi sangatlah penting untuk memajukan
perusahaannya dan mendukung kelangsungan
perkembangannya , bagi mereka Informasi dapat diibaratkan
sebagai darah yang mengalir di dalam tubuhnya, sehingga terdapat
alasan bahwa informasi sangat dibutuhkan bagi sebuah perusahaan. Akibat
bila kurang mendapatkan informasi, dalam waktu tertentu perusahaan akan
mengalami ketidakmampuan mengontrol sumber daya, sehingga dalam mengambil
keputusan-keputusan strategis sangat terganggu, yang pada akhirnya akan
mengalami kekalahan dalam bersaing dengan lingkungan pesaingnya.
Di bawah ini pengertian informasi dari beberapa ahli,
sebagai berikut:
·
JONER HASUGIAN, Informasi adalah sebuah
konsep yang universal dalam jumlah muatan yang besar, meliputi banyak hal dalam
ruang lingkupnya masing-masing dan terekam pada sejumlah media
·
KENNETH
C. LAUDON, Informasi adalah data yang sudah
dibentuk ke dalam sebuah formulir bentuk yang sudah bermanfaat.
·
ANTON
M. MOELIONO, Informasi adalah penerangan,
keterangan, pemberitahuan, kabar atau berita.
Memahami konsep dasar
informasi adalah sangat penting (vital) dalam mendesain sebuah sistem informasi
yang efektif (effective business system) menurut Raymond
McLeod, Jr (1996), sistem informasi manajemen (SIM) didefinisikan sebagai
suatu sistem berbasis komputer yang menyediakan informasi bagi beberapa pemakai
dengan kebutuhan yang serupa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar