Rabu, 02 Oktober 2013

DEFINISI INFORMASI




Definisi Informasi
Dalam sebuah organisasi atau suatu perusahaan khususnya bagi seorang manager,  informasi sangatlah penting untuk memajukan perusahaannya dan  mendukung kelangsungan perkembangannya , bagi mereka Informasi dapat diibaratkan sebagai darah yang mengalir di dalam tubuhnya, sehingga terdapat alasan bahwa informasi sangat dibutuhkan bagi sebuah perusahaan. Akibat bila kurang mendapatkan informasi, dalam waktu tertentu perusahaan akan mengalami ketidakmampuan mengontrol sumber daya, sehingga dalam mengambil keputusan-keputusan strategis sangat terganggu, yang pada akhirnya akan mengalami kekalahan dalam bersaing dengan lingkungan pesaingnya.
Di bawah ini pengertian informasi dari beberapa ahli, sebagai berikut:
·         JONER HASUGIAN, Informasi adalah sebuah konsep yang universal dalam jumlah muatan yang besar, meliputi banyak hal dalam ruang lingkupnya masing-masing dan terekam pada sejumlah  media
·         KENNETH C. LAUDON, Informasi adalah data yang sudah dibentuk ke dalam sebuah formulir bentuk yang sudah bermanfaat.
·         ANTON M. MOELIONO, Informasi adalah penerangan, keterangan, pemberitahuan, kabar atau berita.
Memahami konsep dasar informasi adalah sangat penting (vital) dalam mendesain sebuah sistem informasi yang efektif (effective business system) menurut Raymond McLeod, Jr (1996), sistem informasi manajemen (SIM) didefinisikan sebagai suatu sistem berbasis komputer yang menyediakan informasi bagi beberapa pemakai dengan kebutuhan yang serupa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar